Banyak halangan orang membeli BlackBerry karena harga perangkatnya yang mahal, meskipun tersedia paket bundling dari operator dengan cicilan. Tapi bagi pengguna yang kebelet mau pakai BlackBerry, bisa juga membeli bekas


Handset BlackBerry memang susah dicari dan tergolong mahal jika membeli dari operator. Bagaimana jika budget terbatas tapi ingin mencicipi rasa unik dari sang buah hitam ini? Sepertinya handset bekas menjadi idola yang pas dikantong. Apalagi saat ini banyak sekali toko-toko yang menyediakan BlackBerry bekas. Belum lagi ada kawan kita yang kebetulan bawa dari luar negeri.
BlackBerry

BlackBerry

Banyak yang bertanya-tanya apakah BlackBerry bekas ini bisa dipakai untuk layanan operator di Indonesia. Jawabnya tentu saja bisa.Apalagi salah satu operator terbesar di Indonesia sudah mengeluarkan layanan BlackBerry untuk prabayar. Bagi pengguna yang tidak punya kartu pascabayar, bisa membeli handset sendiri.

Buat yang mau mencoba BlackBerry bekas dengan anggaran terbatas, atau sempat ditawarin sahabat yang bawa perangkat BlackBerry dari luar negeri, ada beberapa tips yang bisa dilakukan

Tips1 - SIM Lock

Handset bekas yang beredar di Indonesia kebanyakan dibawa oleh expatriat atau karyawan atau mahasiswa dari luar negeri. Untuk mendapatkan handset murah, para karyawan atau mahasiswa diluar negeri cenderung memilih beli dengan kontrak yang yang mebuat handset tersebut di lock oleh operator bersangkutan sampai kontrak berakhir atau terkena penalty.

Cara cek handset yang terkunci operator sangat mudah. Masukkan SIM card dan jika muncul “invalid SIM card” maka handset tersebut dikunci. Hindarilah membeli handset ini karena tidak dapat dipakai buat telepon atau sms.

Tips2 - OPERATOR LOCK

Jika tahap pertama telah dilewati dengan sukses, sekarang coba masukkan kartu SIM yang telah aktif service BlackBerry nya. Apakah ada tulisan gprs/edge/3G dalam huruf kecil? Jika ya, ada kemungkinan handset bekas ini masih terdaftar di operator lain dan belum dicabut service BlackBerry dari handset tersebut.

Tips 3 - IT POLICY

Beberapa perusahaan membatasi karyawannya dalam pengunaan handset BlackBerry untuk kepentingan pribadi karyawannya seperti chatting. Jika IT Policy ini diberlakukan untuk chatting maka handset tersebut tidak bisa dipakai untuk ber Yahoo Messenger atau ber BlackBerry Messenger. Cara mengetahui IT Policy ini adalah dengan membuka Option > Status -> ketik BUYR, jika tidak tertulis IT Policy Enabled maka handset ini tidak dibatasi penggunaannya dan bisa kita pergunakan dan install berbagai macam aplikasi sesuai keinginan


sumber : indo.blackberryshop




Bookmark and Share

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati