Cara menghapus virus /SymbOS



Beberapa hari ini ada seorang teman yang datang ke Saya untuk minta bantuannya menghilangkan virus di HP nya. Katanya virus ini selalu mengirimkan pesan MMS ke nomor acak di HPnya. Otomatis pulsanya selalu berkurang. setiap pengiriman bluetooth selalu gagal terus menerus melakukan pengiriman.


Ada yang menyarankan pakai Beselo Remover, Soft Reset, sampai Hard Reset. Tetapi kalau HP di reset, semua data jadi hilang! (gak mau khan... )paling data di memori hp bakalan hilang kalau di flash

Sekilas tentang Beselo/SymbOS
Virus beselo ini merupakan sequel dari comwarior, beselo memiliki cara kerja yang hampir sama dengan comwarior, secara otomatis beselo akan mengaktifkan bluetooth hape yang di infeksinya dan mendeteksi blueetoth di sekitarnya untuk menyebarkan diri, lebih parahnya lagi beselo mengirmkan MMS spam ke berbagai nomor di Contact.
Worm ini mampu berjalan pada berbagai handphone yang menggunakan Symbian S60. Beberapa handphone yang menggunakan sistem Symbian S60 adalah Nokia 6600, 6630, 6680, 7610, N70 dan N72.
Setelah menginstalkan dirinya ke dalam OS, worm ini melakukan proses rutin yang dimulai dari mengumpulkan semua kontak pemakai handphone lalu mengirimkan MMS berisi virus dalam bentuk versi SIS (Symbian Installation Source). Untuk menyembunyikan dirinya, file ini tidak memakai format .sis namun menyamar sebagai file multimedia seperti Beauty.jpg, Sex.mp3, atau Love.rm.



Cara menghilangkan virus ini bisa dilakukan dengan :
1. melakukan proses Scan pada MMC dengan antivirus yang ter up to date bisa dihapus diwarnet menggunakan kabel data, atau card reader cari file jkufytr.exe
C:System > Apps > jugdf.Exe
C:SystemRecogsMedia Play.mdl
C:SystemAppsMedia PlayEncode.Dat
setelah itu
2.Reset HP Ke setelan Awal dengan ingat data yang ada dimemori hp akan hilang semua salin terlebih dahulu data kontak nomor-nomor hp anda,Code *#7780# atau *#7370# (khusus Nokia,untuk model lain anda bisa searching). cara ini berguna agar process worm di memory ga berjalan lagi.
3. melakukan penghapusan dimana file pake fileman download disini langsung dari hp Best.FileMan.v1.03.sis
kalau dikomputer Fileman_1.7.rar
kabel data, atau card reader salin ke mmc
tersebut tinggal dengan menggunakan File Manager, biasanya ada di File-file dengan nama berikut pada Memory Hp Anda jika susah dihapus musti dilakukan penghapusan melalui komputer diatas.
4. setelah melakukan tahapan di atas Restart Hp anda, semoga virus itau tidak akan nongol lagi:D


Bookmark and Share

Komentar

  1. kalo udah di scan di mmc udah ilang trus di hp masih ada gmn caranya??

    BalasHapus
  2. kalo udah di scan di mmc udah ilang trus di hp masih ada gmn caranya??......kalau buat hp symbian N 6600 N 70,..keatas flash aja hpnya atau pake trik tekan bersamaan * , 3 , gambar tlp hijau lalu on/of tunggu sampai ada tulisan formating atau klau di N70 langsung minta klik kode negara.....atau
    kalau ada kabel data buka system
    c : lalu apps terus cari file sejenis yghrt.sis hapus langsung

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer